Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LAGU KHD

 

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru. Salah satunya program pendidikan guru penggerak oleh kemendikbud. Adanya program ini diharapkan mampu menggerakkan komunitas belajar. Alur belajar yang  digunakan adalah  alur MERRDEKA melalui LMS (Learning Management Sistem). Dengan struktur belajar Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruamg kolaborasi, Refleksi terbimbing, Demonstarsi kontekstual, Elaborasi, Koneksi antar materi dan Aksi nyata.

Pada demonstrasi kontekstual modul 1.1 calon guru penggerak diminta untuk membuat sebuah rencana kegiatan tentang refleksi filosofi pendidikan Bapak Ki Hajar Dewantara bisa dalam bentuk artikel/ puisi/ lagu untuk kemudian diunggah di LMS. Dalam hal ini saya selaku calon guru penggerak pada waktu itu membuat sebuah lagu yang berjudul KHD berirama 4/4 dengan tempo moderato. Alhamdulillah pada tanggal 15 Februari lagu ini lulus HAKI oleh KEMHUMKAM. Dengan lirik sebagai berikut:




Lagu ini menceritakan tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara bahwa seyogyanya seorang guru Ing ngarso sung tulodo ( di depan memberi contoh ), Ing madyo mangun karso ( di tengah memberi atau membangun semangat) Tut wuri handayani ( di belakang memberi dorongan ). Dengan filosofi itu KHD bagaikan sebuah matahari yang menebarkan cahaya dan kehangatan. Cahaya dan kehangatan  yang dimaksud adalah bahwa KHD menebarkan ilmunya untuk ikut membangun semangat generasi sebagai penerus bangsa untuk tidak pernah jemu dalam  menimba ilmu.

Guru adalah profesi yang mulia. Karena guru tidak hanya sebatas profesi melainkan tanggung jawab yang besar karena sangat menentukan kelangsungan sebuah bangsa. Dalam proses pendidikan tugas guru mengajar, mendidik, membina, mengarahkan dan membentuk watak dan kepribadian murid sehingga menjadi manusia yang cerdas dan bermartabat. Dasar pemikiran Bapak Ki Hajar Dewantara  bahwa pendidikan merupakan:

  1. sebuah TUNTUNAN di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Memperbaiki tingkah lakunya (bukan dasarnya hidup). Menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
  2. Seorang guru ibarat  PETANI hendaknya merawat benih-benih tumbuhannya agar tumbuh dan mendapatkan hasil yang produktif. Dalam pembelajaran, guru harus memiliki banyak cara, ersabar dan ikhlas untuk mengahasilkan generasi yang cemerlang.
  3. MENGHAMBA pada murid diartikan bahwa pendidikan diorientasikan kepada kebutuhan anak. Sehingga anak dapat berkembang sesuai minat dan bakatnya
  4. BUDI PEKERTI, watak atau karakter merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak , kemauan sehingga menimbulkan tenaga. Dengan adanya budi kekerti manusia dapat berdiri sebagai manusia dengan tingkah laku yang baik dengan mengurangi tabiat-tabiat buruk yang sudah ada semenjak lahir.
  5. BERMAIN merupakan kodrat anak. Menurut KHD permainan anak itulah pendidikan. Dalam hal ini seorang guru harus memahami bahwa kodrat anak adalah bermain. Jadi bermain dapat dimasukkan dalam belajar. bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain.  



Lagu ini juga sudah ditampilkan dalam gelar panen raya PGP angkatan V Kabupaten Sumenep tanggal 20 Desember 2022 di aula gedung STKIP PGRI Sumenep. Alhamdulillah Barokallah

Salam guru penggerak!

Bergerak, tergerak dan menggerakkan!

Aguli, taguli ban liguliyan!

 

4 komentar untuk "LAGU KHD"